Cara Mematikan Autorun CD Drive


Pada saat kita memasukkan sebuah kepingan CD (baik kepingan CD program, CD Audio, maupun CD Video) ke dalam komputer maka system akan menjalankannya secara otomatis. Di satu sisi, hal ini memang sangat membantu namun di sisi lain, kadang-kadang justru merepotkan kita karena dapat menyebabkan komputer menjadi lambat. Dan yang paling rawan adalah jika media tersebut mengandung virus etc maka virus tersebut akan langsung bekerja dan dapat menginfeksi komputer kita. Oleh karena itu, jika menghendaki, kita dapat menon-aktifkan Autorun tersebut dengan mengotak-atik regedit.
Sebenarnya pada postingan yang lalu, telah dijelaskan tentang penon-aktifan autoplay ini dengan menggunakan group policy editor. Namun pada edisi kali ini, kita menggunakan fasilitas Windows yang lain, yaitu regedit. Berikut langkah-langkahnya.
Pertama, jalankan regedit dengan cara START >> Run >> kemudian ketikkan “regedit” (tanpa tanda kutip) kemudian tekan OK atau ENTER.
Kedua, masuk HKey_Local_Machine\System\CurrentControlSet\Services\Cdrom
Ketiga, pada panel sebelah kanan, klik double pada dword AutoRun hingga muncul jendela “Edit Dword Value”, seperti di bawah ini.


Keempat, kemudian ganti value data-nya menjadi 0.
Kelima, klik OK
Keenam, tutup jendela regedit
Ketujuh, selesai
Sekarang, coba masukkan sebuah CD ke dalam computer dan pastikan CD tidak dijalankan secara otomatis lagi.
Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mematikan Autorun CD Drive"

Post a Comment

Komentari dengan meninggalkan LINK akan dihapus!