Virus Handphone dan Cara Pencegahannya

Buat nambah-nambah pengetahuan tentang nama-nama virus pada Handpone dan juga cara yang bisa kita lakukan supaya virus tersebut tidak meluas dan menyebar ke seluruh jaringan handphone. OK langsung aja simak ya! 

Nama-nama virus Handphone :
* Cabir.A
Ditemukan : juni 2004
Target : Ponsel Symbian seri 06
Penyebaran Via : Bluetooth
Kerusakan yang di timbulkan : tidak ada

* Skulls.A
Ditemukan : November 2004
Target : Ponsel Symbian seri 06
Penyebaran Via : Internet
Kerusakan yang di timbulkan : Ponsel tidak dapat digunakan lagi kecuali untuk menerima dan melakukan panggilan.



* Commwarrior.A/B/C/D/E
Ditemukan : Januari 2005
Target : Ponsel Symbian seri 06
Penyebaran Via : Bluetooth dan MMS
Kerusakan yang di timbulkan : Ponsel mengirimkan replikasi virus melalui MMS dengan kapasitas yang besar ke seluruh kontak yang ada dalam phonebook, sehingga membuat boros pulsa pemiliknya, virus ini banyak variantya



* Locknut.B
Ditemukan : maret 2005
Target : Ponsel Symbian seri 06
Penyebaran Via : Internet download
Kerusakan yang di timbulkan : mambuat system ponsel cras: Ponsel tidak dapat lagi digunakan, penyebaran virus ke sesama ponsel .



* Fontal.A
Ditemukan : maret 2005
Target : Ponsel Symbian seri 06
Penyebaran Via : Internet download
Kerusakan yang di timbulkan : mengunci ponsel dalam modul startup sampai membuat ponsel tidak lagi berfungsi.




Ciri-ciri virus menginfeksi:

Dulu ketika Cabir.A mulai dikembangkan, tidak ada efek apapun yang terjadi pada ponsel. Virus tersebut hanya melakukan penyebaran dirinya sendiri melalui Bluetooth. Karena memang para penemu Cabir sendiri hanya ingin membuktikan bahwa ponsel tidak selamanya aman dari virus, dan mereka juga sudah memperediksikan bahwa akan memungkinkan sebuah virus pada ponsel melakukan apa yang dilakukan virus pada computer.

Jika virus yang menginfeksi sebuah komputer membuat komputer tidak berfungsi, begitu pula virus pada ponsel, ponsel anda akan mengalami semua yang di alami komputer yang terinfeksi virus.

Mulai dari data phonebook, calendar,sampai lagu dan gambar kesayangan anda juga dapat hilang, termasuk tidak berfungsi lagi aplikasi-aplikasi yang ada pada ponsel anda, posel dapat mengalami crash. Atau bahkan tidak dapat difungsikan lagi, bahkan yang sangat merugikan, virus dapat membuang pulsa secara percuma tanpa anda sadari seperti contohnya virus Commwarior.A yang mengirim MMS ke semuah phonebook tanpa kita sepengetahuan kita.


Pencegahan yang dapat dilakukan:

  1. jangan mendownload sembarangan jika anda ingin memiliki aplikasi, GAME atau ringtone dan gambar baru ambilah dari situs situs yang terpercaya. Misalnya dari situs ponselnya atau dari beberapa situs ponsel yang sudah terkenal.
  2. Jangan menyalakan bluetooth sembarangan jika anda memang ingin melakukan transmisi lakukan secepatnya setelah bluetooth menyala jangan terlalu lama karena daya jangkau bluetooth agak jauh, membuka kemungkinan ada orang yang tak dikenal dapat juga mengirimkan data bervirus.
  3. jangan sembarangan membuka MMS jika anda meragukan pengirimnya.
  4. hati hati saat mentransfer data melalui MEMORY eksternal seperti MMC yang akan di hubungkan ke komputer kali aja komputernya bervirus, jangan lupa mengscan dengan antivirus ponsel, setiap kali selesai pentransferan dari komputer, dan sebaiknya memang tidak sering copot pasang.
  5. JANGAN DIBUKA, yang paling penting menekan tombok OK atau Yes setiap ada aplikasi baru masuk, Virus pada ponsel memiliki satu ciri yang membuat pengguna ponsel bernafas lega, virus pasti akan meminta persetujuan pemiliknya untuk menginstall atau menerima, maka dari itu anda harus sedikit jeli mana virus atau bukan..beda dengan viruk pada komputer yang kadang menginstall dirinya sendiri Autorun.
  6. pasang antiVirus khusus Ponsel, banyang anti fendor dari anti virus komputer yang membuat antivirus untuk ponsel salah stunya Mc Afee, F-Secure. dan lainya.
  7. Kenali ciri-ciri virus ponsel…dengan mengenalinya anda akan sangat dengan mudah untuk menghindarinya.dan kunjungilah situs-situs anti virus tadi jika Ingin mengetahui ciri-ciri virus pada ponsel dan selalu update terus perkembanganya.

Perkembangan VIRUS HAPE dimasa depan:

saat ini apa yang dapat dilakukan virus ponsel sudah mulai menghawatirkan karena sama saja dengan virus komputer. Ia dapat membuat data hilang dan komputer tidak berfungsi. Tidak menutup kemungkinan berkembang menjadi spyware seperti pada komputer. Bayangkan jika ada sebuah aplikasi yang masuk diam diam mendompleng aplikasi yang umum seperti kalkulator, converter atau sebagainya namun bekerja mencuri data pemiliknya, misalnya data SMS sampai merekam data pembicaraan pemiliknya dan menyebarkan pada orang lain, tentunya akan sangat berbahaya.


jika saat ini sebuah virus dapat otomatis mengirimkan sms, amankah dengan fasilitas M-banking anda?

Oleh sebab itu, virus ponsel mendapatkan banyak perhatian para pengembangnya sendiri, Mulai dari produsen ponsel sampai operating systemnya , semoga saja hal yang menakutkan ini nantinya dapat diatasi dengan mudah dan anda bisa melakukan pencegahan-pencegahan untuk keamanan berponsel anda.

Sumber : www.symbian.com

SHARE KE TEMAN YA BRO

Subscribe to receive free email updates: