Manfaat Tanaman di Sekitar Kita

POTENSI DAN MANFAATKAPAS

Pemanasan global sudah tidak dapat dihindari lagi jika aktivitas didalam bumi sendiri yang memicu pemanasan global tidak di hentikan. Salah satu contoh pemicu pemanasan global adalah kegiatan penambangan batubara yang menyebabkan berkurangnya tumbuhan sebagai penetralisir zat karbon. Semakin maraknya kegiatan penambangan oleh perusahaan yang memiliki modal itu tidak urung dari keuntungan yang menggiurkan, mengapa ? karena hitungan perbandingan dari hasil yang diperoleh adalah berkisar 30 : 70 dimana 30 untuk pemerintah dan 70 untuk perusahaan yang menggali, berbanding terbalik dengan bahan minyak dan gas alam dimana 70 untuk pemerintah dan 30 untuk perusahaan tersebut yang mengolah. Informasi ini saya dapat dari teman saya yang pernah PKL di salah satu lembaga yang membantu untuk membuat izin untuk perusahaan pertambangan. Jadi, wajar bila pemerintah menggalakkan program untuk menggunakan gas sebagai bahan bakar untuk di dapur rumah tangga selain harganya yang murah, cadangannyapun masih cukup banyak.
Tapi disini kita bukan membahas masalah pertambangan tersebut, kita akan sedikit belajar bahwa banyak cara untuk mendapatkan untung dari kegiatan pertanian/perkebunan yang tentunya lebih ramah lingkungan.

Salah satu contoh tumbuhan disekitar kita yang memiliki potensi ialah kapas. Tumbuhan ini disebut sebut sebagai salah satu tumbuhan serbaguna. Memang benar ! dalam kehidupan sehari hari, kita tidak terlapeas dari kapas. Tumbuhan ini disebut tanaman industry dan perdagangan.
Tujuan utama orang menanam kapas ialah ingin memetik bulunya. Bulu ini warnanya putih bersih. Nah, bulu ini yang banyak manfaatnya bagi manusia. Menurut sejarahnya, kapas sudah lam sikenal orang. Dimesir. India dan china sudah berabad abad yang lalu dikenal. Kapas dikenal sebagai bahan pembuat kain. Dinegara kita kapas pernah juga ditanam oleh penjajah untuk kepentingan penjajah itu sendiri. Namun, hasilnya tidak memuaskan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor penyebabnya, antara lalin karena tidak ditekuni.
http://cryzzahwa87.blogspot.com/2014/01/manfaat-tanaman-di-sekitar-kita.html
Kini, pemerintah bertekad ingin menggalakan kembali penanaman tanaman perdagangan ini. Apakah manfaat kapas itu bagi kita ? perlu diketahui, bahwa kapas yang dipakai ialah jenis kapas yang termasuk golongan A.
Beberapa manfaat kapas antara lain ;

1. Untuk dibuat benang Benang bayak manfaatnya dalam kehidupan kita sehari hari. Dengan benang, kebutuhan jahit menjahit bisa tercukupi.
Bagaimana cara membuat benang ?
Kapas yang sudah terbentuk seperti buku buku tebal itu diperoses dalam pabrik pemintalan. Dari sini dihasilkan benang dengan bermacam macam jenis ukuran serta warnanya. Pada mesin, segalanya itu tidak merupakan suatu kesulitan. Tinggal menekan tombol sesaui dengan yang dikehendaki, memang amat praktis.

2. Untuk dibuat kain
Benang yang dihasilkan dari pemintalan sidah siap untuk ditenun menjadi kain. Biasanya, sebuh pabrik pemintalan, sudah siap dengan bermacam macam mesin pemrosesan. Sejak dari membuat benang, membuat ukuran, memberi warna, sampai menjadi kain yang siap untuk dipasarkan.
Untuk mencukupi kebutuhan benang serta sandang dibeberapa tempat berdiri pabrik pabrik pemintalan kapas. Di kartasura ( jawa tengah ), berdirilah pabrik dengan nama : PT Typountrex Indonesia. Di teras, boyolali ( jawa tengah ), berdiri pula PT sari warna asli. Sedangkan, di salatiga ( jawa tengah ), bernama : PT Damatex. Selain itu, di beberapa kota lain masih banyak. Di secang, di banjar, di Jakarta, masing masing berdiri megah dengan menghasilakn bahan yang sama.
Dengan berdirinya pabrik-pabrik ini berarti banyak dibutuhkan tenaga kerja. Hal ini merupakn peran serta pihak swasta dalam usahanya membantu pemerintah mengurangi pengangguran.

3. Sebagai pembalut luka
Dirumah sakit banyak dibutuhkan kapas untuk membalut luka dan keperluan lain. Cobalah berkunjung ke rumah sakit dan tanyakan kepada pihak gudang, berapa kotak kapas dibutuhkan setiap hari ? cukup besarkah ? catatlah dalam buku.

Ibu ibu rumah tangga banyak menggunakan kapas.. kapas digunakan kaum ibu untuk merawat kulit. Mereka megoleskan alat alat kecantikan dengan menggunakan kapas. Makin banyak alat kecantikan yang dipakai, makin bayak kapas yang dibutuhkan.

Nah, sekarang kapas sudah benar-benar disadari manfaatnya. Dari segala lapisan masyarakat, sejak kanak kanak sampai orang dewasa, telah menggunakan jasanya. Saat ini daerah-daerah penghasil kapas antara lain : jepara, kebumen, dan tegal. Kesemuanya ini ada di jawa tengah.
Produksi kapas dari daerah penghasil itu, menurut perhitungan belum memenuhi target. Oleh karena itu, dengan munculnya pabrik pabrik baru, harus diimbangi dengan areal penanaman yang memadai.
Selanjutnya, ayolah kita beramai-ramai bertanam kapas! Bertanam demi kemakmuran bangsa. Demi kepentingan bersama pula. Marilah kita bekerja giat! Marilah kita pakai produksi dalam negeri, berarti cinta tanah air dan negeri.




MANFAATTANAMAN KINA

Kina merupakan tanaman obat berupa pohon yang berasal dari Amerika Selatan di sepanjang pegunungan Andes yang meliputi wilayah Venezuela, Colombia, Equador, Peru sampai Bolivia. Daerah tersebut meliputi hutanhutan pada ketinggian 900-3.000 m dpl.


Bibit tanaman kina yang masuk ke Indonesia tahun 1852 berasal dari Bolivia, tetapi tanaman kina yang tumbuh dari biji tersebut akhirnya mati. Pada tahun 1854 sebanyak 500 bibit kina dari Bolivia ditanam di Cibodas dan tumbuh 75 pohon yang terdiri atas 10 klon.


Manfaat tanaman Kina yaitu Kulit kina banyak mengandung alkaloid-alkaloid yang berguna untuk obat. Di antara alkaloid tersebut ada dua alkaloid yang sangat penting yaitu kinine untuk penyakit malaria dan kinidine untuk penyakit jantung. Manfaat lain dari kulit kina ini antara lain adalah untuk depuratif, influenza, disentri, diare, dan tonik.




MANFAATVANILI


VANILI
Merupakan bumbu yang hampir selalu disertakan dalam proses pembuatan kue atau dessert manis.
Ada 2 macam Vanili yangg beredar dipasaran, yg ALAMI(buah kering vanili mirip spt buncis yg kering dan ekstraknya). Dan SINTETIS (vanili bubuk dan esens vanili).

BATANG VANILI (VANILLA BEAN)
Aroma dan cita rasanya tajam. Jarang ditemukan dipasaran, harganya relatif mahal. Merupakan fermentasi batang vanili kering dlm kondisi tdk terekspos cahaya. Penyimpanan dlm wadah tertutup di suhu ruang.

EKSTRAK VANILI
Bentuknya cair. Aroma dan cita rasanya paling tajam krn merupakan ekstraksi dr batang vanili hingga terbentuk cairan vanili yg pekat. Harganya paling mahal krn proses pembuatannya bs sampai 8 bln.

ESSENS VANILI
Bentuknya cair. Harganya lebih murah karena hanya memberikan aroma khas vanili tp tidak memberikan rasa. Jika terlalu banyak akan pahit rasanya.

VANILI BUBUK
Banyak dijumpai di pasaran. Fungsinya sama dg essens, yaitu hanya memberikan aroma, tidak rasa.


MANFAATTEMBAKAU

Ternyata Tembakau Bisa Bikin Cerdas
Jakarta (voa-islam.com)
Selama ini tembakau dianggap sebagai biang penyebab segala penyakit, sehingga dimusuhi para pegiat kesehatan. Akibat yang lebih jauh, terjadi dua kutub pertentangan antara ekonom pro petani tembakau dan pegiat anti tembakau.

Menurut dokter spesialis syaraf Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, Abdulbar Hamid, berdasarkan referensi ilmu kedokteran, tembakau bisa meningkatkan kecerdasan. ” Asal tidak diisep,” katanya.

Berdasarkan referensi ilmu kedokteran, tembakau bisa meningkatkan kecerdasan. ” Asal tidak diisep,” katanya.
Jika diisap dalam bentuk rokok, menurut dokter lulusan Universitas Indonesia, itulah yang menimbulkan masalah kesehatan, seperti gangguan jantung, pembuluh darah dan problem kesehatan lainnya. “Karena proses pembakaran itulah, tembakau menjadi racun, menimbulkan tar dan berbahaya bagi kesehatan,” ujarnya Rabu (2/9) di ruang kerjanya.

Tembakau berbahaya jika diisap, berikut illustrasi akan bahayanya
Pendapat pengurus Persatuan Dokter Spesialis Syaraf Indonesia itu meluruskan persepsi yang salah tentang tembakau. “Zat nikotin itu bagus buat kecerdasan dan menghambat dimentia, tapi kalau dikunyah bukan dibakar,” ujarnya.

Dokter Abdulbar mencontohkan, orang desa yang biasa menyusur tembakau di mulutnya, bisa hidup lebih lama dan tetap kuat berjalan kaki jarak jauh.”Tapi ingat, bukan diisap seperti rokok, tapi disusur seperti nyirih,” katanya



ManfaatTeh

Teh sering disajikan untuk menemani waktu santai. Minuman ini juga dikenal dengan manfaatnya untuk membantu mereka yang tengah dalam program menurunkan berat badan. Namun, tahukah Anda bahwa teh masih memiliki berbagai kegunaan lain? Simak beberapa di antaranya:

1. Membersihkan karpet
Taburkan daun teh hijau yang sudah dipakai pada karpet. Biarkan meresap selama 10 menit, lalu vakum lah area karpet. Jenis karpet persia dan oriental yang lembut juga dapat dibersihkan menggunakan daun teh hijau. Pada jenis karpet ini, taburkan daun teh yang sudah hampir mengering, lalu perlahan sapu permukaan karpet.

2. Mengilapkan lantai kayu
Teh hitam dapat membantu mengilapkan dan memberi warna pada lantai kayu keras. Bersihkan lantai seperti biasa, lalu gosok perlahan teh yang telah diseduh ke lantai. Jangan menggunakan terlalu banyak air pada lantai kayu yang keras seperti ini. Setelah itu biarkan kering sendiri.

3. Mengilapkan perabotan kayu
Teh juga bermanfaat dalam membersihkan serta mengilapkan perabotan kayu yang dipernis. Celupkan kain yang lembut ke dalam sedikit teh yang telah diseduh untuk mengelap perabotan seperti meja, kursi, dan lainnya.

4. Membersihkan cermin dan jendela
Teh ampuh untuk menghilangkan noda membandel seperti cap tangan kita di jendela serta membuatnya kembali mengilap. Cukup gosokkan kantong teh yang lembab pada kaca, atau  semprotkan seduhan teh melalui botol semprot untuk membersihkannya.

5. Membersihkan noda di toilet
Banyak yang  mengatakan bahwa daun teh dapat menghilangkan kotoran yang susah dibersihkan di dasar toilet. Coba masukkan daun teh ke dalam toilet selama beberapa jam, lalu gelontor toilet dengan air. Setelah itu sikat cekungan dasar toilet yang kotor.

6. Melindungi dari sinar matahari
Untuk memulihkan kulit yang terbakar sinar matahari, tempelkan kantong teh basah pada area yang terbakar.

7. Menenangkan mata lelah
Kantong teh yang basah dan hangat dapat mengurangi bengkak dan meredakan rasa sakit di sekitar mata yang lelah.

8. Meredakan gusi berdarah
Untuk anak yang baru saja kehilangan giginya, cobalah tempelkan kantong teh yang basah dan sudah dingin pada area gigi yang tanggal tersebut. Hal ini dapat mengurangi perdarahan dan meringankan rasa sakit.

9. Mengilaukan rambut kering
Teh yang sudah diseduh bisa menjadi kondisioner alami untuk dipakai pada rambut kering. Bilas rambut dengan teh tawar, dan biarkan rambut mengering untuk sementara waktu. Kemudian bilas lagi dengan air.

10.  Mengurangi jerawat
Bosan dengan perawatan jerawat yang tak kunjung membaik? Cobalah untuk membersihkan wajah dengan teh hijau untuk mengurangi jerawat. Ikuti cara kuno dengan mendinginkan seduhan teh semalaman, lalu menggunakan rendaman tersebut untuk mencuci muka pada pagi harinya.

11. Mengempukkan daging
Orang biasa membungkus daging dengan daun pepaya untuk melunakkan daging. Kali ini, coba rendam daging yang keras ke dalam rendaman teh hitam untuk membuatnya lebih empuk.
Sesekali, gunakan teh yang sudah diseduh untuk menyirami tanaman rumah. Sebarkan daun teh yang sudah tak terpakai di sekitar semak bunga mawar, lalu tambahkan pupuk dan air. Asam tannic dan nutrisi lainnya pada teh akan menyehatkan tanaman. Meletakkan beberapa kantong teh yang sudah tak terpakai di dasar pot juga dapat membantu mempertahankan air pada tanah, dan menambahkan nutrisi.

Download Gratis
Download Gratis Logo dan Program Komputer
www.kuwarasanku.blogspot.co.id

Kumpulan Sejarah
Informasi Kumpulan Sejarah Lengkap
www.juragansejarah.blogspot.co.id

Gadis 2015
Informasi Seputar Kehidupan Wanita
www.gadis-2015.blogspot.com

Ads by Cryz Zahwa
Warnet Petruk | Jl. Karangbolong - Buayan
Gratis 1 Jam khusus buat Pelajar tiap Jum'at
Warnet Petruk

PADAMU NYAI
Daftar nama-nama dari Padamu Nyai
padamunyai.blogspot.co.id

Wallpaper Amazing
Koleksi Wallpaper HD dan Gambar Aneh
www.kecampuran.blogspot.co.id

Ads by Cryz Zahwa

Subscribe to receive free email updates: