Tahukah Kamu, Di dalam Pusar Terdapat Ratusan Bakteri

Satu tempat dari tubuh kita ada yang dijadikan tempat favorit persembunyian banyak bakteri lho. Bisakah kalian menebaknya? Tempat tersebut adalah pusar kita!

Hal ini dibuktikan oleh para Study Universitas North Carolina State Belly Button Biodiversity yang menemukan adanya 662 jenis bakteri di pusar yang bisa dijadikan spesies baru yang unik.

 Para ilmuwan ini sengaja mencari relawan yang bersedia pusarnya diteliti oleh ahli mikrobiologi. Setelah ada 95 relawan yang bersedia, ditemukan 1.400 bakteri, 80% dari hasil itu diidentifikasi sebagai spesies yang umum. Dan sebanyak 40 jenis bakteri tergolong tidak berbahaya.

Nah, jumlah bakteri yang ada pada setiap relawan berbeda-beda lho ternyata. Hal ini tergantung dari seberapa rajin mereka membersihkan pusar mereka. Kalau kamu membersihkan pusarmu secara teratur, kemungkinan tidak akan ditemukan bakteri lho di dalamnya.

Hal yang menarik ditemukan peneliti Carl Zimmer. Ia menyatakan terdapat 53 spesies berbeda yang beberapa di antaranya berasal dari tempat yang mengejutkan, seperti bakteri Marimosnas yang ternyata hanya ditemukan di laut. Lalu ada bakteri Georgenia yang hanya hidup di Jepang. Wah bakterinya jalan-jalan nih.
Daerah pusar memang agak kurang diperhatikan berhubung tidak memiliki fungsi seperti hidung atau telinga yang rasanya wajib dibersihkan setiap hari. Tapi justru wilayah ini juga sangat penting untuk selalu dibersihkan dan dirawat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahukah Kamu, Di dalam Pusar Terdapat Ratusan Bakteri"

Post a Comment

Komentari dengan meninggalkan LINK akan dihapus!