Contoh Pidato Bahasa Indonesia Tema Persatuan dan Kesatuan


Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang terhormat Kepala ……………………………………, yang terhomat ………………………………, yang terhormat ..…………………………… dan para hadirin yang berbahagia.
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita dapat berjumpa dalam rangka …………………………….. Tidak lupa sholawat serta salam kita limpahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW beserta keluarganya, sahabat serta umatnya.


Informasi lainnya :



http://cryzzahwa87.blogspot.com/search/label/Contoh Pidato


Seperti yang kita ketahui Indonesia adalah negara kepulaan yang sangat luas. Terbentang dari Sabang sampai Merauke, terdiri dari beribu-ribu pulau yang kaya akan suku dan budaya. Keragaman suku bangsa dan budaya merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya. Dilihat dari aspek sosial budaya Indonesia terdiri atas ratusan suku bangsa yang masing-masing memiliki adat istiadat, bahasa, agama dan kepercayaan yang berbeda-beda, sehingga mengandung potensi konflik yang besar. Walaupun berbeda-beda kita harus tetap menjaga rasa persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak terjadi konflik. Seperti yang tertulis dalam semboyan negara kita yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” berbeda-beda tapi tetap satu jua.
Namun pada saat ini kita ketahui dari berbagai media massa, banyak sekali masalah yang sedang melanda negara kita. Terutama masalah yang menyangkut persatuan dan kesatuan. Contohnya banyak teroris-teroris yang mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau sekelompok orang yang mengatas namakan suatu organisasi yang ingin memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tentunya kita tidak menghendaki terjadinya perpecahan dalam lingkungan bangsa dan Negara Indonesia, hal ini dikarenakan kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa Indonesia merupakan hasil dari semangat persatuan dan kesatuan yang tinggi bangsa Indonesia sendiri. Semoga masalah tersebut dapat cepat teratasi supaya negara kita selalu aman, tentram dan damai.
Kita sebagai pelajar tentu harus ikut berperan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Nilai-nilai persatuan dan kesatuan dapat kita amalkan melalui berteman baik disekolah maupun dilingkungan rumah. Setiap hari kita tentu tidak dapat lepas bergaul dengan teman sebaya. Teman main tentunya tidak semua sama. Ada yang berasal dari keluarga kaya, kurang mampu dan sederhana. Ada pula yang beragama Islam, Kristen, Hindu, Buddha bahkan dari agama lain. Semuanya adalah teman kita, yang harus kita perlakukan sama dengan sopan dan ramah. Kita harus bergaul dan berteman tanpa membeda-bedakan satu dengan lainnya. Atau dengan cara membantu korban bencana alam, itu merupakan salah satu wujud dari penerapan nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Dengan begitu, akan tercipta rasa kebersamaan, sehingga bangsa kita tidak mudah terpecah belah.
Nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang lainnya dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya menghormati keragaman suku dan agama. Kita tidak boleh mengejek dan menjelek-jelekkan salah satu suku dan agama lain. Atau dengan menghargai pendapat teman lain, teman yang bertanya kepada bapak/ibu guru tidak boleh disela atau diejek. Atau dengan mengikuti upacara dengan khidmat, waktu pengibaran bendera harus bersikap tegap dan memberi hormat. Atau Bekerja sama dengan teman dalam hal kebaikan, seperti mengerjakan keterampilan dan belajar kelompok.
Perbedaan bukanlah merupakan kendala bagi kita. Jadikanlah perbedaan itu sebagai kekayaan bangsa kita. Perbedaan dapat kita satukan dengan semangat persatuan dan kesatuan. Seperti yang dilakukan oleh para pejuang kita dalam memperebutkan kemerdekaan Indonesia. Semangat perjuangan bangsa Indonesia untuk merdeka tidak pernah padam. Perbedaan yang ada, perlu kita hargai, agar tercipta persatuan dan kesatuan bangsa. Persatuan dan kesatuan akan menciptakan kerukunan hidup, mempererat hubungan kekeluargaan, dan memperkokoh rasa cinta tanah air.

Oleh karena itu, semangat persatuan dan kesatuan tetap diperlukan dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia.

Bhennika Tunggal Ika. Jayalah IndonesiaKu.
Merdeka! Merdeka! Merdeka!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Download Pidato Tema Persatuan dan Kesatuan  tipe Ms. Word disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Pidato Bahasa Indonesia Tema Persatuan dan Kesatuan"

Post a Comment

Komentari dengan meninggalkan LINK akan dihapus!