Cara Membuat Password yang Aman (Tips Membuat Password)

Dalam 24 jam, login ke berbagai situs bisa terjadi lebih dari 1 miliar. Hal itu diungkapkan juru bicara Facebook.
Berbagi Ilmu Berbagi Pengetahuan

Dari jumlah tersebut, 600 ribu berusaha mengakses pesan, foto dan informasi pribadi lain. Dengan jumlah login sebanyak itu, tidak mengherankan kalau berbagai situs, termasuk jejaring sosial menjadi sasaran menarik bagi peretas.

Pakar keamanan jaringan pun menaruh perhatian besar pada masalah tersebut. Mereka menyarankan agar pengguna internet lebih berhati-hati saat memilih password.

Konsultan teknologi senior di lembaga keamanan komputer Sophos, Graham Cluley, mengatakan meretas menjadi lebih mudah sewaktu 30% orang yang online menggunakan password yang sama untuk masuk ke akun digital mereka. Cluley menyebutkan pula kalau Facebook hanyalah satu dari target utama peretas.

Pengguna web sebaiknya memastikan kalau password email, perbankan dan layanan digital lain mereka aman agar terhindar dari pencurian informasi pribadi.
Berbagi Ilmu Berbagi Pengetahuan

Lalu, bagaimana dengan Anda? Apakah sudah memiliki password yang sukar ditebak peretas? Jika belum, berikut tips memilih password internet.

1. Gunakan berbagai jenis karakter pada password Anda. Jika mungkin, kombinasikan angka, huruf dan karakter-karakter spesial.

2. Buat password minimal delapan karakter. Pisahkan kata-kata yang pendek dengan spasi atau garis bawah.

3. Sebaiknya tidak menggunakan password dan username yang sama untuk semua akun yang Anda miliki. Gunakan online password manager untuk mengelola password di berbagai akun.

Sumber : Media Indonesia
Ayo tingkatkan keamanan Anda di situs jejaring sosial tentunya.

SHARE KE TEMAN YA BRO

Subscribe to receive free email updates: