Tips menjaga kesehatan ponsel symbian

Tidak hanya manusia, ponsel pun butuh kesehatan. Apalagi ponsel symbian yang notabene bersistem operasi, otomatis lebih rentan diserang virus dan penanganannya pun berbeda ketimbang ponsel java yang relatif "aman-aman" saja. Symbian memang kadang memiliki segudang masalah seperti respon yang lambat, atau cepat terkena virus, tapi kelebihannya ponsel symbian bisa dijejali dengan berbagai aplikasi yang bisa membuat ponsel tidak hanya menjadi alat komunikasi aja. Jika ponsel anda ber OS symbian, ada baiknya anda mengikuti tips berikut ini:
1. Instal aplikasi yang memang benar-benar perlu saja.
Ada ratusan bahkan ribuan aplikasi symbian yang tersedia dan siap diinstal, Tapi gak perlu semuanya anda instal kan di ponsel? baca dulu review mengenai aplikasi tsb, apakah fungsinya anda butuhkan dan apakah programnya bekerja dengan baik (apalagi untuk aplikasi yang masih berstatus beta yang terkadang masih banyak bug). Jika memang menarik ya monggo silahkan instal.
2. Cukup virus cleaner, tidak usah anti virus.
Akan lebih baik anda menginstal virus cleaner ketimbang antivirus, contohnya beselo forticleaner. Mengapa? karena Cleaner biasanya ukurannya relatif kecil dan tidak memberatkan system. Berbeda dengan antivirus yang "aktif bergerak", otomatis memakan banyak RAM ponsel. Apalagi jika dijejali banyak antivirus, ponsel anda sudah seperti sebuah sepeda yang mengangkut muatan 100 Kg, Hmmm jangan heran kalau ponsel lambat gak ketulungan.


3. Menutup aplikasi dengan sempurna.
Kalau anda sedang membuka sebuah aplikasi, alangkah baiknya jika menutupnya dengan cara memilih pilihan Exit atau keluar. Jangan langsung main tekan tombol merah (tombol untuk memutuskan percakapan telpon) atau tombol menu, karena aplikasi masih akan berjalan di background ponsel. Otomatis aplikasi tersebut akan memakan RAM anda, akibatnya lagi tentu saja ponsel jadi lambat bahkan hang. Usahakan selalu memakai exit untuk keluar dari aplikasi, ya sama seperti masuk ke sebuah rumah, masuk baik-baik keluar juga baik-baik. Jika sudah terlanjur memencet tombol merah, pake cara cepat aja, tahan tombol menu, nah nanti akan ada aplikasi yang belum tertutup tadi, silahkan tekan C (close) untuk menutupnya. Langkah ini lebih efisien.
4. Simpan apapun di kartu memory.
Semua ponsel symbian rata-rata memiliki kartu memory (Walaupun ada beberapa yang hanya mengandalkan internal memory). Nah baiknya semua file ditampung di kartu memory, karena tidak jarang masalah ponsel disebabkan memory yang penuh. Cut semua file yang ada di C dan paste di drive E, anda juga bisa mengatur penerimaan pesannya melalui pengaturan pesan, terus pengaturan lain, terakhir pindahkan dari memory handphone ke kartu. Dengan begini semua file yang anda terima dari sms, bluetooth dan infra red akan tertampung di kartu memory. Selain menghemat memory telp dan mempercepat ponsel, hal ini akan terasa sangat berguna ketika anda ingin mengembalikan data atau sms yang terhapus. Sesal kemudian gak berguna kan?
5. Carger ponsel pada saat baterai lemah.
Usahakan mengecas ponsel pada saat baterai ponsel sudah lemah. Hal ini baik untuk kesehatan baterai sekaligus untuk mendapatkan hasil yang maksimum. Juga jangan terlalu lama mengecas ponsel, kalau tidak baterai anda akan memuai.
6. Update firmware secara teratur.
Mesti tidak wajib, tetapi cara ini efektif untuk menghilangkan semua masalah ponsel. Jangan heran, setelah ponsel di-upgrade firmwarenya, kinerja ponsel anda seperti ponsel baru. Bahkan tidak jarang terdapat menu baru yang tidak kita temui sebelumnya.
7. Matikan bluetooth jika tidak diperlukan.
Nah ini yang paling sering kejadian, kebanyakan virus mengandalkan bluetooth untuk menyebarkan diri. Maka dari itu segera matikan bluetooth jika tidak diperlukan lagi, dan jangan main buka saja begitu ada pesan yang masuk melalui bluetooth ke ponsel anda, bisa jadi itu virus.

Semoga bermanfaat!!!

SHARE KE TEMAN YA BRO

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tips menjaga kesehatan ponsel symbian"

  1. info yang anda berikan kepada pemakai hp sangat berguna dan berbagi ilmu pengetahuan.Dan mengetahui berbagai aplikasi-aplikasi dan kegunaan masing2 yang ada di dalam hp tersebut.
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. @kosdiana@jak-stik.ac.id Semoga semua yang saya sajikan disini bisa bermanfaat buat yang lainnya, thanks udah berkunjung dan comment..!!!
    Baca juga artikel2 yang lain.

    ReplyDelete

Komentar anda adalah saran buat saya!
Silahkan anda berkomentar, saya akan mengunjungi web Anda!