Menyalin File atau Folder Dengan Menu Copy To


Menambahkan Menu Copy To Pada Context Menu : Seperti kita ketahui bahwa banyak cara yang dapat kita gunakan untuk meng-copy suatu file atau folder dari suatu folder atau drive yang satu ke folder atau drive yang lain. Di antara sekian banyak cara tersebut adalah dengan menggunakan menu copy dari context menu yang tampil ketika kita melakukan klik kanan pada file/folder di maksud. Setelah itu kita menuju ke folder/drive tujuan dan melakukan paste di sana. Maka file/folder dimaksud sudah tercopy dengan "baik".

Selain “ritual” yang telah disebutkan di atas, kita dapat menggunakan “ritual” yang lain yang sedikit berbeda. Pada cara yang ini, ketika kita mengklik menu copy maka kita akan langsung diarahkan kepada jendela baru dengan pilihan drive yang ada pada computer kita. Dengan demikian kita mendapatkan folder/drive tujuan lebih cepat dan praktis. Hal ini berbeda dengan ritual yang biasanya di mana kadang-kadang kita harus mengklak-klik untuk mencari folder/drive tujuan terlebih dahulu.
Karena ritual yang ini menggunakan menu yang belum “tercover” pada context menu yang ada maka kita harus membuatnya terlebih dahulu dengan mengotak-atik regedit, sebagai berikut.
Pertama, jalankan regedit dengan cara seperti biasanya, yaitu Start >> Run >> ketikkan “regedit” (tanpa tanda petik) kemudian tekan OK atau ENTER
Kedua, klik H_KEY_CLASSES_ROOT >> AllFilesystemObjects >> shellex >> ContextMenuHandlers >>
Ketiga, pada folder ContextMenuHandlers klik kanan >> New >> Key dan namai dengan Copy To
Kelima, klik pada folder Copy To kemudian berpindah ke panel sebelah kanan, kemudian klik double pada string “default” sehingga akan muncul jendela edit string seperti di bawah ini.
Keenam, copy kode berikut ini dan pastekan pada baris “value data”, seperti di atas.
{C2FBB630-2971-11D1-A18C-00C04FD75D13}
Ketujuh, kemudian klik OK
Kedelapan, tutup jendela regedit
Kesembilan, selesai
HASILNYA
Untuk melihat hasilnya, silakan buka Windows Explorer kemudian klik kanan pada salah satu file/folder yang akan kita copy, dan kita akan mendapatkan menu copy to seperti di bawah ini.
Setelah kita klik menu “Copy To Folder” maka kita akan mendapati jendela baru dengan pilihan drive yang ada computer kita, seperti di bawah ini.
Kemudian kita cari/tentukan folder/drive tujuan dan klik copy maka proses peng-copy-an segera berlangsung.
Selesai.
Demikian, semoga bermanfaat. Jika pun dengan cara yang ini tidak ada yang istimewa, anggaplah cara ini sebagai suatu pengetahuan saja.


Selamat Mencoba !!!
Semoga Bermanfaat !!!

SHARE KE TEMAN YA BRO

Subscribe to receive free email updates: