Cara Membuat Daftar Isi di Postingan

Sebelumnya saya jelaskan Daftar isi atau sitmap berfungsi untuk membantu para pengunjung/visitor agar mereka tidak kesulitan dalam mencari artikel yang mereka butuhkan pada blog kita. Salah satunya dengan car membuat daftar isi blog di halaman posting. Di halamn posting, kenapa?? karena cara ini sangat berguna sekali bagi para blogger yang tidak ingin menampilkan daftar isi blog mereka di sidebar Beranda. Apalagi kalau artikel blog mereka yang sudah banyak sekali dalam satu bulan misalnya mereka memposting ratusan artikel, hehe pasti akan kelihatan panjang sekali di halaman sidebar berandanya. Untuk melihat demonya kalian bisa klik . Kalian sudah mengerti kan apa yang saya maksud.

Silahkan ikuti langkah-langkah cara membuat daftar isi atau sitemap blog berikut ini.

Cara membuat daftar isi Blog pertama

Buatlah sebuah posting kosong/page kosong/entri baru dengan judul "Daftar Isi" atau "Sitmap" atau "Archive Blog". Terserah kalian sesuai keinginan.
Copy kode dibawah ini kemudian paste pada postingan tersebut ( paste kodenya pada posisi Edit HTML, bukan Compose )


<script src="http://qbumen.googlecode.com/files/cryzzahwa87.blogspot.com-sitemap.js">
</script><script src="http://URL BLOG ANDA/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script>


Pada post option jangan ijinkan komentar, agar halaman ini tidak dipenuhi komentar sehingga membuat berat blog kalian.
Jangan lupa ganti URL-BLOG-KALIAN dengan alamat/url blog kalian
Ok sekarang publish post dan selesai.


Cara membuat daftar isi Blog kedua

Caranya sama seperti yang pertama, bedanya hanya pada kode javascript yang di gunakan. Gunakan kode berikut.



<script src="http://qbumen.googlecode.com/files/cryzzahwa87.blogspot.com-sitemap.js"></script><script src="http://URL-BLOG-KALIAN/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>


Pada post option jangan ijinkan komentar, agar halaman ini tidak dipenuhi komentar sehingga membuat berat blog kalian.
Jangan lupa ganti URL-BLOG-KALIAN dengan alamat/url blog kalian
Publish post dan lihat hasilnya.


Cara membuat daftar isi blog yang pertama bisa kalian bisa lihat contoh hasilnya pada ARCHIVE BLOG di blog ini. sedangkan untuk cara yang kedua kalian bisa lihat pada CATEGORY di blog ini. Jadi bedanya antara cara pertama dan kedua yaitu pada hasil daftar isi/archive/sitmap. Kalau yang pertama mengurutkan daftar isi sesuia archive per bulan. Sedangkan hasil dari cara kedua, daftar isi/archive/sitmap yang tampil di urutkan bedasarkan label atau category. Untuk yang kedua juga ada tambahan notice, New!! apabila posting itu masih baru. Sekarang kallian sudah bisa membuat daftar isi blog sendiri.

Sumber : dari salah satu sobat blogger saya siBAMZ

Semoga bermanfaat

SHARE KE TEMAN YA BRO

Subscribe to receive free email updates: