10 sifat tersembunyi anak

KETIKA anak menginjak usia remaja, tanpa arahan dari orang tua, mereka cenderung melakukan hal-hal negatif. Tapi terkadang sikap orang tua yang terlalu mengekang dan menekan menjadikan sang anak cenderung menyembunyikan masalah yang dihadapinya. Berikut ini alasan dari para remaja mengapa mereka kurang bisa berbagi dengan ayah dan ibunya.


Butuh privasi
"Saya benci orang tua tidak menyediakan ruang pribadi. Sebagai remaja saya butuh privasi,"kata Eleanor, 14.

Jangan menggeledah ruang pribadinya, kecuali Anda memiliki alasan konkret bahwa anak Anda berbohong atau menyembunyikan sesuatu yang serius.

Butuh pendengar setia
"Aku ingin mengatakan segalanya pada ayah dan ibu. Tapi aku tidak mau dengar omelan mereka,"kata Keegan, 13.

Untuk memahami anak Anda, dengarkanlah dengan seksama apa masalah mereka. Terkadang anak tidak menyuruh orang tuanya memberikan solusi terbaik. Selain itu jangan memberi saran yang mengancam.

Diam-diam menjalin hubungan dengan lawan jenis
"Satu tahun ini saya menjalin hubungan dengan pria, tanpa sepengetahuan orang tua. Karena kalau saya bilang pasti mereka melarangnya,"kata Marla, 15.

Prestasi yang kurang
"Saya tidak akan memberitahu orang tua ketika mendapatkan nilai buruk," kata Sam, 16.

Terkadang anak Anda kurang konsentrasi dalam belajar yang mengakibatkan penurunan prestasi di sekolahnya.

Pembicaraan soal seks
"Ibuku tahu aku mencium anak laki-laki. Tapi aku tidak ingin mengatakan apa-apa padanya lagi," kata Sonia, 15.

Menurut survei pemerintah di tahun 2005, kurang dari setengah siswa SMA (47%) mengatakan mereka pernah berhubungan seks.

Persaudaraan yang erat
"Aku sebal dengan orang tua yang tidak peduli apa yang dilakukan saudaraku," kata Henry, 13.

Meskipun tingkah laku setiap anak berbeda-beda, perlakukan semua anak Anda dengan adil dan wajar.

Orang tua terlalu berlebihan merespon masalah
"Saya sedih ketika ibu berteriak, ketika saya bercerita tentang masalah saya,"kata Erin, 17.

Ketika Anda marah, ambil nafas dalam-dalam. Kemudian beri kesempatan mengevaluasi suasana hati anak Anda.

Cenderung menghindari masalah
"Kadang saya tidak pulang karena terlalu mabuk untuk mengemudi,"kata Aaron, 19.

Frustasi selalu menyalahkan umur
"Saya tidak tahan ketika orang tua berkata, kamu, 17 tahun. Bertindaklah dewasa. Kamu belum cukup umur melakukan itu,"k ata Izzy.

Beri aturan yang jelas dan tidak mengekang. Guna mendidiknya jangan tekan anak Anda dengan rincian pribadi. Gunakan contoh orang ketiga jika hal itu membantu.

Ingin dipercaya orang tua
"Orang tua saya tidak percaya kalau saya tidak memakai narkoba," kata Steven, 15.

Jika orang tua menuduh tanpa alasan yang mendasar, akhirnya anak akan melakukan sesuatui yang tidak jujur karena mereka sakit hati. Berikan kepercayaan sampai mereka memberikan alasan kuat untuk tidak melakukannya.


Diambil dari : mediaindonesia.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 sifat tersembunyi anak"

Post a Comment

Komentari dengan meninggalkan LINK akan dihapus!