Unlock, Formatting Dan Recovery MMC


Media penyimpanan yang lagi ngetrend saat ini dan digunakan hampir semua peralatan elektronik. Diperkenalkan pertamakali oleh Siemens dan Scandisk tahun 1997. Bentuknya sudah semakin kecil dan ringan. MMC berfungsi untuk menyimpan file-file penting seperti foto, lagu, rekaman suara atau video, data office dsb. Karena fungsinya yang vital inilah seandainya terjadi sesuatu terhadap MMC seperti terlock, terkena virus, data tidak terbaca, data jadi korup atau yang lainnya maka bisa kehilangan atau file penting yang tersimpan di MMC tersebut. Foto kenangan atau file rahasia mungkin tidak bisa dicari penggantinya jika media penyimpannya yaitu MMC tidak bisa dibaca lagi. Maka perlakukan MMC ini sebaik-baiknya kalau perlu dibuatkan backupnya. Sama seperti media penyimpanan lain, MMC rentan terhadap medan magnit, air atau suhu udara ekstrim. Oleh karena itu semua tentang MMC seperti bagaimana men-unlock, memformat atau merecovery mmc akan coba saya jabarkan.

CARA LIHAT PASSWORD MMC
Beberapa trik untuk men-unlock password MMC ini antara lain :
  1. Jika ponsel Anda Nokia ber O S symbian, gunakan aplikasi FExplorer atau File manager lainnya masuk ke C:/system (C:/ adalah memory ponsel, bukan memory eksternal) lalu geser kebawah sampai menemukan file MMCStore lalu buka file tsb maka akan terlihat password MMC sobat. Jika tidak bisa dibuka di ponsel, kirim file MMCStore ke komputer dan buka pakai Notepad.
  2. Masih untuk Nokia bersymbian bisa juga memakai aplikasi Unlock MMC Password.
  3. Jika cara no.1 dan 2 tidak berhasil atau file MMCStore tidak ditemukan (hal ini karena ponsel sudah di reset sebelumnnya), maka satu-satunya cara adalah dengan memakai alat Unlock Card.
Perlu di ketahui MMC yang dipassword waktu berada di ponsel, tidak akan terbaca di komputer sehingga sulit untuk memformat dengan cara biasa, oleh karenanya di butuhkan alat unlock card ini. Satu lagi penggunaan Unlock Card akan menghapus semua data di MMC, ya lumayanlah MMC bisa digunakan lagi bukan ? Daripada tidak terpakai dan meski demikian Anda bisa mencari lagi data yang terhapus tadi dengan program card recovery yang akan dijelaskan nanti. Alat unlock card bisa didapatkan di toko spare parts ponsel, harganya berkisar 100-150 ribu. Kalau tidak ingin membeli, bisa juga minta bantuan unlock di gerai-gerai download yang ada di plaza atau mall. Jasa unlock berkisar 15-25 ribu rupiah.
MEMFORMAT MMC
Format berarti menghapus seluruh isi data MMC. Kadangkala diperlukan melakukan langkah format setelah MMC di buka pakai Unlock Card atau karena MMC terkena virus yang sulit di basmi, atau karena data MMC banyak yang korup. Tanda-tanda data yang korup : data bertuliskan karakter aneh dan tidak bisa dioperasikan ( dipindah atau di hapus ). Backup data yang diperlukan sebelum memformat MMC. Cara format MMC :
  1. Jika memakai Windows arahkan pada drive MMC berada, lalu klik kanan mouse pilih Format, isi option file system dengan FAT kemudian tekan START, tunggu sampai selesai.
  2. Lewat Command Line atau prompt DOS, ketik FORMAT E: /FS :FAT (E: adalah drive MMC)
  3. Format lewat ponsel untuk Nokia Symbian, caranya cari menu Ekstra > Memory > Option > Format Mem. Card. Buat pengguna Symbian UIQ ( SE P800, P900, P910,P990i,P1) melalui menu control panel > format disk > pilih drive MMC (mis: D). Ponsel Merk lain biasanya ada di menu memory card > format.
  4. Format dengan software MMC Medic.
Cara menggunakan MMC Medic sbb :
- Status MMC akan langsung terlihat apakah korup atau tidak.
- Untuk memformat isi kapasitas MMC sesuai dengan kapasitas MMC sobat, lalu masukkan drive MMC berada, isi label atau nama untuk MMC kemudian klik Format MMC untuk memulai, tunggu sampai format komplit. Lamanya format tergantung besar kecil kapasitas dari MMC.
RECOVERY MMC
Pembahasan terakhir yaitu recovery data MMC. Sebelumnya saya berpesan agar menggunakan cara ini untuk kebaikan dan menolong sesama.
  1. Install di komputer dan jalankan software Card Recovery.
  2. Pada Drive Letter pilih drive MMC berada, pada Camera brand and File type untuk MMC biarkan option pada “generic digital camera” lalu centang data yang hendak direcovery apakah Photos, Movies/Video Clips atau Sound/Audio Clips. Pada Destination Folder pilih tempat menyimpan hasil recovery nanti dengan tekan Browse, kemudian pilih Next.
  3. Beberapa kasus kapasitas MMC tidak terdeteksi maka tulis kapasitas MMC yang di recovery, kemudian OK.
  4. Tunggu sampai scanning recovery selesai.
  5. Jika scan telah komplit, akan terlihat berapa file data yang berhasil di recovery, lalu tekan OK.
  6. Klik Preview untuk melihat hasilnya dan pilih select all atau sesuai yang dibutuhkan kemudian pilih Next.
  7. Recovery selesai, pilih Open Recovered Files Folder untuk melihat hasil atau langsung klik Finish.
Catatan : Recovery MMC bisa menggunakan banyak program lainnya yang biasa di gunakan untuk recovery data harddisk. Data yang terformat bisa direcovery asalkan formatnya tidak lebih dari 3X atau data yang telah dihapus tidak ditulis lagi dengan data yang lain. Kecil kemungkinannya di recovery jika hal ini sudah terjadi. Sekian uraian saya, semoga bisa bermanfaat.

Download Gratis
Download Gratis Logo dan Program Komputer
www.kuwarasanku.blogspot.co.id

Kumpulan Sejarah
Informasi Kumpulan Sejarah Lengkap
www.juragansejarah.blogspot.co.id

Gadis 2015
Informasi Seputar Kehidupan Wanita
www.gadis-2015.blogspot.com

Ads by Cryz Zahwa
Warnet Petruk | Jl. Karangbolong - Buayan
Gratis 1 Jam khusus buat Pelajar tiap Jum'at
Warnet Petruk

PADAMU NYAI
Daftar nama-nama dari Padamu Nyai
padamunyai.blogspot.co.id

Wallpaper Amazing
Koleksi Wallpaper HD dan Gambar Aneh
www.kecampuran.blogspot.co.id

Ads by Cryz Zahwa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Unlock, Formatting Dan Recovery MMC"

Post a Comment

Komentar anda adalah saran buat saya!
Silahkan anda berkomentar, saya akan mengunjungi web Anda!